https://i.postimg.cc/v45mkLw8/4.jpg

Perhatikan Ciri-ciri Oli Trafo yang memenuhi standard -  tentu sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya trafo? Ya, trafo merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam listrik dan mempunyai fungsi untuk mengubah tegangan listrik, baik menaikan tegangan listrik maupun menurunkan. Sementara itu, ada dua jenis trafo yang bisa anda ketahui, yakni trafo basar dan juga trafo kering. Untuk jenis trafo kering ini  biasanya memiliki bentuk yang lumayan ramping dan biasanya juga dipakai di gedung perkantoran, industri dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk jenis trafo yang basah, biasanya lebih banyak digunakan untuk kebutuhan PLN dan di pakai di luar ruangan.

Trafo PLN tersebut disebut trafo basar karena kumparan inti trafo terendam di dalam oli yang mana oli tersebut mempunyai fungsi untuk media tahanan isolasi serta untuk media pendingin.  Oli tersebut mempunyai peran penting dalam  menunjang kinerja trafo. Jika ada masalah dengan oli, maka akan berakibat fatal dengan trafo tersebut. oleh karena itu, perlu melihat standarasiasi oli.

Syarat Oli Trafo PLN yang baik

Untuk mendapatkan kinerja trafo yang baik, tentu tidak bisa menggunakan jenis oli yang sembarangan. Harus menggunakan oli yang sesuai dengan standard yang telah di tentunkan. Bagiamana syarat-syarat oli yang memenuhi standard tersebut? berikut ialah ulasan lengkapnya.

Harus Jernih – ya, oli trafo PLN harus jernih. Oli tersebut harus terbebas dari kotoran serta kontaminan yang bisa mengangg fungsi oli. Sebisa mungkin masa jenis oli harus diangka 0,895 gr/cm3.

Memenuhi syarat tegangan tembus – jika tegangan tembus rendah, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa adanya kontaminasi  oli dengan kotora, debu , air dan partikel konduktif yang lainnya yang ada di dalam oli. Oleh karena itu, harus ditingkatkan tegangan tembusnya. Untuk oli yang baru tegangan tembusnya bisa mencapai 30KV/2,5mm atau 80 KV/mm sebelum dilakukan proses treatment oli trafo. Setelah difilter tegangan tersebut menjadi 50KV/2,5mm atau 120 KV/mm.

Viskositas atau Kekentalan Oli Trafo – kaitannya dengan kekentalan oli ini, pastikan bahwa oli tidak mempunyai kekentalan yang tinggi. Hal tersebut supaya oli mudah bersirkulasi. Dengan demikian, fungsi oli trafo sebagai media pendingin bisa berjalan dengan baik. Untuk mengetahui bahwa oli masih dalam kekentalan yang baik atau tidak, anda bisa melihat dari nilai viskositas. Pada suhu 20ᵒC, viskositas oli yaitu 25-40 cSt. Sedangkan untuk flash point, nilai yang disyaratkan yaitu 140ᵒC. Flash point yang rendah menunjukkan adanya kontaminasi zat yang mudah terbakar.

Titik Tuang Oli Trafo – jenis alat ini digunakan untuk mengidentifikasi oli trafo. Sehingga trafo akan mendapatkan oli yang pas, tidak kurang dan juga tidak lebih. Nilai titik tuang yang disyaratkan ialah kurang dari 30 derajat Celcius.

Setidaknya empat di atas syarat-syarat yang bisa anda penuhi ketika anda ingin mengganti atau mengindetifikasi oli trafo PLN anda. jika memang sudah tidak memenuhi syarat di atas, maka solusi yang paling mungkin ialah dengan mengganti oli trafo PLN nya atau dengan treatment oli trafo.

Jasa Treatment Oli Trafo

Jika anda membutuhkan jasa purifikasi minyak trafo, maka kami siap membantu anda. Perusahan kami bergerak di bidang jasa treatment oli trafo, purifikasi oli trafo, pembuatan panel listrik, maintanance trafo dan panel, electrical, treatment oil transformer, treatment oil trafo, dan mechanical.

Kami melayani prancangan, maintanance, pembuatan dan pemasangan trafo dan panel, dan menyediakan komponen panel dan trafo dll. Kami juga melayani jasa perawatan / maintanance trafo dan panel kubikal LPMDB, capasitorbank dan genset.