http://cityland.co.id/wp-content/uploads/2019/04/MEKARSARI-ECO-LIVING-1024x723-1160x500.jpg

Panduan Beli Rumah -  siapa sih yang tidak ingin punya rumah? Ya, jika ditanya seperti itu, pasti semua orang ingin punya rumah sendiri, sekalipun mereka sudah punya rumah. Rumah tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk hidup dan berkembang namun juga bisa dijadikan sebagai investasi yang menjanjikan. Harga property termasuk rumah yang terus menjulang tinggi, membuat rumah dan juga tanah menjadi investasi yang utama dan diburu banyak orang.

Hal itu ternyata juga dilihat dari perusahaan developer rumah yang memanfaatkan peluang potensial ini dengan menjual berbagai jenis rumah diberbagai tempat dengan harga yang cukup terjangkau. Banyaknya rumah yang ditawarkan pastinya menjadi hal yang menarik bukan? Tidak akan rugi jika anda menginvestasikan ke dalam barang property, khususnya rumah. Namun membeli rumah tidak seperti halnya dengan membeli mainan, perlu banyak pertimbangan yang perlu anda ketahui.

Panduan Membeli Rumah lewat Developer

Membeli rumah sekarang tidak seperti zaman dulu yang harus menunggu uang terkumpul dulu baru bisa beli atau pesan. Dengan berbagai metode dan cara yang sudah dikembangkan ini, sekarang anda bisa membeli rumah dengan harga yang cukup terjangkau. Angsurannya pun juga sangat terjangkau. Salah satunya ialah dengan melalui pihak pengembang atau developer rumah. Ada banyak developer rumah yang menawarkan berbagai jenis rumah dengan berbagai ukuran, model dan tentunya harga.

Jika anda kiranya tertarik untuk membeli rumah melalui pihak developer ini, ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan. Berikut ialah hal-hal yang bisa anda perhatikan.

Cek lokasi hunian - Ketika mengecek ini memang ada cukup banyak hal yang bisa anda lihat mulai dari desain rumahnya yang akan dibangun seperti apa, berapa ukuran rumahnya, material yang digunakan apa saja, bagaimana akses jalan ke rumah tersebut, bagaimana jarak dengan fasilitas umum, dan tentunya juga harga yang ditawarkan oleh developer atau kontraktor perumahan itu.

Beberapa hal itu perlu anda lakukan diawal sebelum anda benar-benar tertarik untuk membeli rumah. Untuk langkah awal ini anda tidak perlu, mendatangi lokasi secara langsung karena biasanya developer sudah memberikan penjelasan baik lewat pamphlet maupun lewat website mereka.

Cek developer – langkah kedua ialah dengan melihat lebih jauh developer yang menawarkan hunian yang akan anda beli tersebut. Pastikan bahwa developernya benar-benar professional dan jelas rekam jejaknya. Dengan memilih developer yang pasti tersebut dharapkan juga akan melayani setiap konsumen dengan professional. Jika perlu anda juga melihat legalitas perusahaannya, serta izin usahanya.

Untuk menyakinkan lagi anda bisa melihat portofolio perusahaan apakah pernah terlibat dalam project yang sama sebelumnya. Informasi tersebut biasanya bisa anda dapatkan pada website resmi developer yang bersangkutan seperti cityland.co.id. Jika memang tidak ada, anda bisa meminta secara langsung kepada developer yang bersangkutan.

Buat perjanjian di awal -  Ya, maksudnya ialah bahwa ketika anda sudah cocok dengan rumahnya dan developernya, maka anda perlu melakukan perjanjian di awal secara jelas dan berkekuatan hukum. Alangkah baiknya jika berjanjian kerjasama tersebut dilakukan hitam di atas putih. Hal ini untuk mengantisipasi kaitannya dengan permasalahan yang mungkin terjadi sehingga bisa dijadikan menjadi rujukan bersama. Dalam perjanjian itu, ada banyak hal yang bisa anda jabarkan mulai dari harganya, material yang digunakan, desainnnya, cara membayarnya, fasilitas pendukung yang diberikan, serta garansi yang diberikan oleh pihak developer.